Simposium diselenggarakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 27-28 September 2013 di ruang Ballroom Hotel Lorin Surakarta pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh 215 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Biaya acara ini adalah Rp 3.000.000,- (Rp 3.500.000,- bila peserta mendaftar setelah tanggal 1 Agustus 2013). Peserta berasal dari dokter umum, dokter spesialis saraf, dokter spesialis anestesi, dan dokter spesialis bedah saraf.

Sebagai pembicara tamu adalah Prof O-ki Kwon, MD (Neurosurgeon-Bundang Hospital Korea), Azmi Alias, MD (Neurosurgeon-Hospital Kuala Lumpur Malaysia, Shinji Ohba, MD (Neurosurgeon-Hiroshima Hospital Jepang).

Kegiatan ini menampilkan sesi lomba poster. Juri dalam sesi lomba poster adalah DR Sahat Edison Sitorus, dr, Sp BS (Palembang), Gunadi Kusnarto, dr, SpBS (Semarang), Muhammad Saekhu, dr, SpBS (Jakarta), DR Joni  Wahyudi, dr,  SpBS (Surabaya), Rully Hanafi Dahlan, dr, Sp BS (Bandung), dan Handoyo Pramusinto, dr, SpBS (Jogjakarta).

Sebagai pemenang lomba poster kategori penelitian adalah :

Juara 1 : Andrew R. Diyo, dr (Jakarta)

Juara 2 : Sevline Estethia, dr (Bandung)

Juara 3 : Harris Istianggoro, dr (Jakarta)

Sebagai pemenang lomba poster kategori laporan kasus (Case Report) adalah :

Juara 1 : Arwinder Singh, dr (Bandung)

Juara 2 : Indra Damayanti, dr (Surabaya)

Juara 3 : Michael Norman, dr (Medan)

 

Para peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dari awal hingga acara ini selesai. Daftar acara secara lengkap akan ditampilkan di lampiran. Foto – foto kegiatan ini bisa diunduh di www.bedahsarafsolo.com. Multimedia untuk acara ini dibantu oleh Lab Prodia Surakarta. 

Pain Management Workshop diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 28 September 2013 di RS Oen Solobaru pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh 16 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Biaya acara ini adalah Rp 4.000.000,- (Rp 4.500.000,- bila peserta mendaftar setelah tanggal 1 Agustus 2013). Peserta berasal dari 3 orang dokter spesialis Saraf dan 13 orang dokter spesialis Bedah Saraf. Workshop ini menggunakan 1 kit manequin sebagai alat bantu, C arm, dan apron. Kit Manequin dibantu oleh RSUD Dr Soetomo Surabaya, sedangkan C arm dan apron dibantu oleh RS Dr Oen Surakarta, RS Dr Oen Solobaru, dan RSIS Surakarta (Yarsis).

Sebagai instruktur adalahDR Agus Turchan, dr, SpBS (RSUD Dr Soetomo Surabaya), Achmad Fahmi, dr, Sp BS (RSUD Dr Soetomo Surabaya), David Tandian, dr, Sp BS (RSCM Jakarta), dan Rully Hanafi Dahlan, dr, Sp BS (RS Hasan Sadikin Bandung). Co-instruktur adalah DR Untung Alifianto, dr, Sp BS (RSUD Dr Moewardi Surakarta)

Para peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dari awal hingga acara ini selesai. Daftar acara secara lengkap akan ditampilkan di lampiran. Foto – foto kegiatan ini bisa diunduh di www.bedahsarafsolo.com.

Endovascular Workshop diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 27 September 2013 di ruang Grand Rukmi Hotel Lorin Surakarta pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh 27 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Biaya acara ini adalah Rp 4.000.000,- (Rp 4.500.000,- bila peserta mendaftar setelah tanggal 1 Agustus 2013). Peserta berasal dari 2 orang dokter spesialis Saraf dan 25 orang dokter spesialis Bedah Saraf. Workshop ini menggunakan 5 meja peralatan yang dibantu oleh Covidien (untuk 4 meja alat peraga endovaskuler) dan PT Hutem Indonesia (untuk 1 meja alat Compass Endovascular).

Sebagai instruktur adalahWismaji Sadewo, dr, SpBS (RSCM Jakarta), Asra Alfauzi, dr, SpBS (RSUD Dr Soetomo Surabaya), Firdaus Sani, dr, SpS (RSUD Dr Soetomo Surabaya), Harsan, dr, SpBS (RS Siloam Jakarta), Abrar Arham, dr, SpBS (RSUP Otak Jakarta), dan M. Radhian Arief, dr, SpBS (RSCM Jakarta). Co-instruktur adalah Ferry Wijanarko, dr, Sp BS (RSUD Dr Moewardi Surakarta). Pembicara tamu ada dua orang yaitu Prof O Ki Kwon, MD (Neurosurgeon) (Bundang Hospital Korea) dan Shinji Ohba, MD (Hiroshima Hospital Jepang).

Para peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dari awal hingga acara ini selesai. Daftar acara secara lengkap akan ditampilkan di lampiran. Fotofoto kegiatan ini bisa diunduh di www.bedahsarafsolo.com. Multimedia untuk acara ini dibantu oleh Lab Prodia Surakarta

Acara Wisata Keluarga diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 26 September 2013 di Sangiran (World Heritage Center) dan Musium Batik Surakarta pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh 130 orang peserta. Acara dimulai dengan perjalanan menuju Sangiran dengan menempuh waktu sekitar 45 menit. Para peserta diajak berkeliling musium sangiran sambil melihat awal peradaban manusia. Sebelumnya peserta dipersilakan melihat film tentang alam semesta raya. Setelah 2 jam berkeliling, peserta berangkat menuju Restoran Diamond Solo untuk makan siangAcara ini dibantu oleh PT Mersi Farm. Kemudian setelah bersantap siang para peserta berangkat ke Musium Batik Wiryoningratan Surakarta.

Para peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dari awal hingga acara ini selesai. Fotofoto kegiatan ini bisa diunduh di www.bedahsarafsolo.com.

Neuroendoscopy Workshop diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 26 September 2013 di ruang Lab Anatomi FK UNS Surakarta pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh 21 orang peserta dan 19 orang observer dari berbagai daerah di Indonesia. Biaya acara ini adalah Rp 7.500.000,- (Rp 8.000.000,- bila peserta mendaftar setelah tanggal 1 Agustus 2013) untuk peserta dan Rp. 3.000.000,- untuk observer (dari dokter spesialis). Untuk dokter residen dan paramedis tidak dipungut biaya. Observer kegiatan ini meliputi dokter spesialis bedah saraf, dokter residen bedah saraf, dan paramedis kamar operasi rumah sakit di Surakarta sebagai pengenalan terhadap instrumen yang merupakan operasi dengan minimally invasive. Workshop ini mengunakan 5 cadaver (dibantu oleh Bag Forensik RSUD Dr Moewardi Surakarta) dan 5 unit neuroendoscopy (dibantu oleh Aesculap PT BBraun Medical Indonesia).  

Sebagai instruktur adalah Azmi Alias, MD (Neurosurgeon) dari Hospital Kuala Lumpur Malaysia dan Arie Ibrahim, dr, Sp BS dari RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda Kalimantan Timur, dibantu oleh co-instruktur Hanis Setyono, dr, Sp BS (RSUD Dr Moewardi Surakarta) dan Ferry Wijanarko, dr, Sp BS (RSUD Dr Moewardi Surakarta).

Para peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini dari awal hingga acara ini selesai. Daftar acara secara lengkap akan ditampilkan di lampiran. Foto – foto kegiatan ini bisa diunduh di www.bedahsarafsolo.com.

Muktamar PERSPEBSI ke-6 diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 25 September 2013 di ruang Ballroom Hotel Lorin Surakarta pukul 07.30 sampai dengan 22.00 WIB. Acara ini dibuka oleh Ketua PERSPEBSI th 2009-2013 Setyo Widi Nugroho, dr, Sp BS dan dihadiri oleh 120 orang anggota PERSPEBSI dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagai Pimpinan Sidang adalah DR Agus Turchan, dr, Sp BS (Surabaya), Rahmat Andi Hartanto, dr, Sp BS (Jogjakarta), dan Samsul Ashari, dr, Sp BS (Jakarta). Berbagai catatan telah dihasilkan pada masing-masing sidang komisi dan kelompok kerja. Ada enam kelompok kerja yang bersidang pada muktamar ke-6 ini, yaitu Pokja Neuroonkologi, Pokja Neurospine, Pokja Neuropediatri, Pokja Neurovaskuler, Pokja Neurotrauma, dan Pokja Neurofungsional.

Salah satu agenda muktamar ini adalah adalah pemilihan Presiden Elect periode 2013 – 2017. Prof  DR Abdul Hafid Bajamal, dr, Sp BS terpilih sebagai Ketua Kolegium periode 2013 – 2017 setelah melalui pemungutan suara dari anggota PERSPEBSI yang hadir (70 kartu suara). Daftar acara secara lengkap akan ditampilkan di lampiran. Fotofoto kegiatan ini bisa diunduh di www.bedahsarafsolo.com. Multimedia untuk acara ini dibantu oleh Lab Prodia Surakarta

Sidang Kolegium diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 24 September 2013 di ruang rapat Hotel Horison Surakarta pukul 19.30 wib. Sidang Kolegium merupakan rangkaian kegiatan Muktamar PERSPEBSI (diselenggarakan satu hari sebelumnya). Acara ini dihadiri oleh 27 orang anggota Kolegium dari berbagai Institusi Pendidikan Dokter Spesialis (IPDS) Bedah Saraf di Indonesia, yaitu IPDS Medan, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, dan Surabaya. Para Kepala Bagian, Sekretaris Bagian, Ketua Program Studi (KPS), Sekretaris Program Studi (SPS), dan Guru Besar Bedah Saraf hadir dalam acara ini.

Salah satu agendanya adalah pemilihan Ketua Kolegium periode 2013 – 2017. Prof  Hilman Machyudin, dr, Sp BS terpilih sebagai Ketua Kolegium periode 2013 – 2017 setelah melalui pemungutan suara dari anggota Kolegium yang hadir (18 kartu suara untuk Prof  Hilman Machyudin, dr, Sp BS dan 9 kartu suara untuk Prof Iskandar Djapardi, dr, Sp BS).